TIPS CARA MEMBUAT PROPOSAL BUSINESS PLAN - DirekturBisnis.Com

TIPS CARA MEMBUAT PROPOSAL BUSINESS PLAN

business plan
Tips cara menyusun proposal business plan.
bagi seorang pembisnis ataupun seorang yang baru masuk menjadi wirausahawan membuat rencana bisnis, memang sangatlah membantu dalam menjalankan bisnis/usahanya karena dengan rencana yang baik juga manejemen yang baik, maka bisnis yang dijalnkanya dapat dengan mudah berkembang.
Selain itu business plan yang baik juga dapat menarik investor untuk bisa mengivestasikan uangnya kepada kita sehingga kita mendapat suntikan modal untuk usaha kita agar bisa lebih berkembang lebih besar lagi.
Melihat begitu pentingnya business plan/rencana bisnis, kita sebagai pengusaha semestinya juga bisa membuat prencanaan yang baik dan bisa menyusunya dengan baik pula.
Baca juga : Alasan kenapa harus membuat business plan

Lalu bagaimana cara saya menyusunya dengan baik....?
untuk dapat menyusunya dengan baik anda harus memperhatikan hal-berikut ini :

Mengenali bisnis anda sendiri
sebelum anda membuat proposal business plan anda sebaiknya mengenali bisnis anda terlebih dahulu secara menyeluruh pahami segala potensi yang ada, tantangan yang ada pada bisnis anda dan lainya, sampai anda mengenal betul bisnis anda sendiri.

Analisa produk
anda juga harus memperhatikan produk-produk anda baik dari segi keunikanya,persaingan produk di pasar dan lainya yang berhubungan dengan produk yang anda jual.

Analisis pasar
tentunya sebagai pengusaha anda juga harus bisa menganalisa pasar anda sendiri, baik siapa konsumen anda,dari kalangan apa,dari daerah mana,harga pasar terkini,tingkat persaingan dan kompetitor anda.

Strategi pasar
setelah anda mendapat rangkuman dari hasil analisa pasar atau riset langsung ke lapangan selanjutnya anda harus membuat strategi pasar, dimana anda diharuskan untuk bisa memasarkan produk anda sekreatif/seunik mungkin semisal memberi discount,hadiah,promo dll agar konsum dapat tertarik dengan produk yang anda jual.

Anasisis kompetitor
disini anda juga diharuskan untuk melihat kompetitor anda secara rinci baik kekurangan atau pun kelebihanya, anda dapat memanfaatkan kelemahan kompetitor anda untuk lebih meningkatkan penjualan produk anda sehingga target dapat terpenuhi.

Manajemen
dalam menjalankan bisnis anda juga harus mempunyai manejemen yang bagus baik cara pengelolaan uang,karyawan,persediaan produk,pelayanan,promoting,dsb sehingga bisnis anda dapat berjalan dengan lancar.

Prencanaan keuangan
dengan perencanaan keuangan yang baik bisnis anda akan bisa berkembang dengan baik dan tidak akan mengalami hal yang paling ditakuti oleh seorang wirausawan yaitu kebangkrutan.

Pengunaan EYD
dalam membuat proposal business plan kita diharuskan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD(Ejaan Yang Disempurnakan) dengan demikian investor yang ingin menginvestasikan uangnya tidak akan ragu lagi, karena kita sudah dirasa serius dalam membuat proposal business plan dan menginginkan investasi dari para investor.

Selanjutnya bagaimana menyusun proposal business plan....?

bagian cover
pada bagian ini berisi :
  • Nama usaha bisa dilengkapi logo usaha
  • Alamat tempat usaha
  • kontak yang dapat di hubungi seperti Nomer telephone,email,dll


Latar Belakang
pada bagian ini berisi alasan-alasan kenapa anda mendirikan dan juga mengembangkan bisnis tersebut. Berikan juga alasan berupa fakta yang mendukung, jangan menggunakan alasan yang bertele-tele, Latar belakang sebaiknya singkat dan juga padat.

Profil Perusahaan
pada halam profil perusahaan berisi :
  • kapan bisnis/usaha anda berdiri
  • bergerak dalam bidang apa usaha anda
  • menghasilkan produk apa
  • anda sebaiknya mencantumkan sedikit sejarah usaha anda


Tujuan Perusahaan
Tujuan perusahaan disebut juga dengan goal perusahaan. Dalam halaman ini anda bisa mencantumkan tujuan dan cita-cita dari perusahaan yang didirikan. Tujuan usaha beraneka ragam setiap pengusaha pasti memiki tujuan usaha yang berbeda untuk meraih kesuksesan, namun tidak semua tujuan usaha hanya untuk meraih untung yang besar. Tujuan usaha sebaiknya digunakan untuk hal yang mulia seperti mensejahterakan masyarakat dan produk yang dihasilkan bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Jenis Produk Atau Usaha Yang Dihasilkan
pada bagian terakhir berisi gambaran yang jelas tentang produk dan jasa yang dihasilkan oleh tempat usaha anda.
itulah step by step untuk membuat proposal business jadi buatlah sebaik mungkin agar para investor mau menginvestasikan dananya kepada anda sehingga bisnis anda dapat berkembang dengan baik.

itulah sedikit yang bisa DirekturBisnis berikan jika ada salah mohon diperbaiki.
Karena kesempurnaan hanyalah milih Allah SWT semata
semoga bermanfaat
Salam sukses :D

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TIPS CARA MEMBUAT PROPOSAL BUSINESS PLAN"

Posting Komentar

iklan atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah