7 TIPS CARA JITU MENCEGAH KEBAGKRUTAN atau KERUGIAN USAHA - DirekturBisnis.Com

7 TIPS CARA JITU MENCEGAH KEBAGKRUTAN atau KERUGIAN USAHA

mencegah kebagkrutan
tips cara mencegah kerugian usaha
kerugian usaha merupakan hal yang paling ditakuti oleh para pelaku bisnis, tidak hanya para pelaku bisnis pemula saja yang bisa mengalaminya bahkan yang sudah lama bergelut dalam dunia perbisnisan pun bisa sewaktu-waktu mengalami kebangkrutan, karena setiap manusia tidak ada yang sempurna, bisa saja membuat kesalahan dan menyebabkan kebangrutan pada bisnisnya.

namun sebenarnya kerugian dalam usaha tidak seharusnya dijadikan penyesalan namun sebaiknya dijadikan renungan agar kita bisa memperbaiki kesalahan yang ada dan bangit dari keterpurukan.

namun demikian kita juga harus sebisa mungkin menghindarinya. Anda tidak maukan bisnis yang sudah dirintis dari 0 dan saat sudah besar malah merugi besar sehingga kita mau tidak mau harus gulung tikar.
oleh sebab itu kita harus bisa membuat perencanaan bisnis yang sangat baik untuk mencegah kerugian pada bisnis yang sedang dijalankan dan bisa menghindari dari kebangkrutan
berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk bisa menghindari kerugian usaha.
Baca juga :

Tips cara jitu menghindari kebangkrutan usaha :

1. Buat manejemen keuangan yang baik
di dalam menjalankan usaha atau bisnis tentunya kita juga harus dituntut untuk membuat manejemen yang baik agar hal-hal yang tidak dinginkan bisa dihindari sedini mungkin sehingga kerugian bisa dihindari.
dalam manejemen keuangan yang terpenting adalah pengelolaan biaya oprasional,modal,untung,rugi dan hal-hal lainya yang berhubungan dengan keuangan.

2. Sisihkan uang tidak terduga
sisihkan pendapatan dari bisnis yang anda sedang jalankan, jangan sampai terlena oleh uang karena sudah dirasa mencapai target yang diinginkan lalu bebas menghambur-hamburkan uang beli inilah beli itulah tanpa memperdulikan keuangan yang ada.

dengan menyisihkan pendapatan yang didapat untuk uang tidak terduga jika sewaktu-waktu anda membutuhkanya untuk kelangsungan usaha yang sedang anda jalankan anda sudah siap tanpa perlu berhutang dan tentunya kemungkinan merugi dapat diminimalisir

3. Kalkulasi harga jual
jika anda seorang wirausahawan dan bergerak dalam bidang jasa maupun memproduksi barang meng kalkulasi harga sangatlah penting, jangan sampai harga yang anda jual merugikan pelangan bahkan merugikan anda sendiri. Biasanya pembeli memilih produk yang murah dan dari segi tampilanya juga sama namun anda jangan langsung membanting harga atau menurunkan harga terlalu rendah bisa-bisa anda malah merugi, perhitungkanlah biaya produksi,listik,DLL sehingga didapat harga yang pas.

4. buat hubungan yang erat dengan karyawan
berdiskusilah terlebih dahulu bersama karyawan dalam memutuskan segala sesuat dan beri motifasi kerja juga berikan kesempatan kepada karyawan kita untuk mengutarakan ide-idenya, hargai slalu Karyawan sehingga dapat mewujudkan tali persaudaraan yang erat dan tetap Profesional.

5. Berikan pelayanan terbaik kepada pelangan
Perlakukan customer Dengan sebaik-baiknya berikan senyuman dan tanyakan apa yang sedang Dibutuhkan beri kenyamanan dan kepuasan ke pelanggan.
hal yang sekecil ini dapat menentukan peningkatan omset bisnis kita karena dengan kenyamanan dan kepuasan yang kita berikan ke pelangan maka tidak menutup kemungkinan customer itu akan datang lagi atau bahkan membawa teman-temanya karena mengangap pelayanan kita yang terbaik.

6. Berzakat Mal dan Beramal
kita hidup tidak hanya di dunia saja namun juga akan hidup abadi di akhirat maka dari itu kita juga harus memikirkan akhiat juga jangan sampai mengejar harta dunia saja sehingga kewajiban kita kepada tuhan terabaikan.

Dalam agama saya ISLAM dianjurkan untuk menzakatkan sebagian dari harta kita untuk orang yang tidak manmpu bahkan Allah SWT mengancam kepada orang-orang yang tidak mau berzakat denagn api neraka yang amat sangat panas.

Allah Swt berfirman :
"Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya sebahagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahib Nasrani benar-benar memakan harta orang dengan jalan yang batil dan mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih" (At Taubah(9):34)

selain dianjurkan untuk berzakat kita juga sanga dianjurkan untuk beramal
 Allah Swt berfirman :
"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui". (QS.AlBaqarah:261)
melihat firman diatas maka dapat disimpulkan bahwa sekecil amal yang kita keluarkan maka akan dilipatgandakan oleh Allah Swt.

7. Ber Doa
memintalah kepada allah apa yang anda mau di setiap sholat anda tapi jangal perlah lupakan untuk beribadah kepada allah.

itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya kerugian ataupun kebagkrutan, kita harus bisa mengatasinya sedinimungkin jangan sampai hal yang tidak diinginkan terjadi dan baru mau menyesalinya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 TIPS CARA JITU MENCEGAH KEBAGKRUTAN atau KERUGIAN USAHA"

Posting Komentar

iklan atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah